tab menu

Twitter  Twitter  Instagram Instagram

Sunday, February 1, 2015

Tips Make Up

 





 Assalamu’alaikum!
Ladies, kali ini saya mau bahas makeup mishaps atau penggunaan makeup yang salah.
Seperti yang sama-sama kita tau, terkadang benar atau salah itu hal yang relatif, termasuk dalam postingan ini. Saya bukan mua profesional, tapi setidaknya saya tau sedikit tips dan trik ketika menggunakan make up.
Perlu dicatat, ini adalah hal-hal yang saya perhatikan selama ini, belajar dari kesalahan saya dan juga orang lain.

Pertama, salah memilih warna dan jenis foundation.
Foundation atau alas bedak adalah hal paling dasar ketika menggunakan mekeup, well mungkin di jaman kekinian tahun 2015 foundation untuk sebagian orang sudah tergantikan dengan BB cream atau CC cream, tapi sebagian lainnya masih setia sama foundation. Kalo saya termasuk yang labil, tapi karena sedang breakout karena panas-panasan dan abis jadi anak pantai akhirnya saya fokus sama foundation dulu.
Buat soal pemilihan warna foundation.
Buat soal jenis, wah jujur ini agak spending money ketika kalian meiliki kulit yang cenderung sensitif. Basic nya semua pemilihan make up yang cocok sama muka menurut saya tetap menghabiskan uang, meskipun apa yang kita beli tergolong ke drugstore make up. Pilih yang gabuat muka gampang berminyak, tahan lama, dan kalian ngerasa itu benar-benar cocok.
Tips dan trik dari saya, coba dulu testernya. Ga harus ke muka, tapi bisa ke tangan. Kalian liat tekstur si foundation sama rasanya di ujung jari kalian kaya apa. So far saya suka maybeline tapi saya lupa yang mana dan jujur ini saya beli di luar dan sampe saat ini belom ada di Indonesia jadi gatau kalo mau repurchase paling deket kemana :(

Kedua, toooo much foundation!
Kalian pernah ga ngeliat ada retakan di muka orang, terutama di sekitar hidung sama kantong mata?
Tau kenapa? Kebanyakan foundation, well atau concealer, sama kemungkinan kedua foundation/concealer nya ga nempel di muka.
Less is more ya ladies, cuma kalo terlanjur kebanykan mungkin bisa dibenerin dengan cara di tepuk-tepuk pake spons yang dibasahin sedikit. Kalo kepepet, your hand is the best tools ever!

Ketiga, mau semua serba matching warna.
Kaya yang sebelumnya, less is more.
Ga semua warna cocok sama muka, sekalipun kalian cocok pake baju warna biru, bukan berarti kalian cocok pake warna biru sebagai eyeshadow, lebih-lebih di blush on dan di lipstick.
Ketimbang semua warna harus matching, gimana kalo semua warna yang ada saling membantu? Jadi misal ketika bajunya uda weeew banget, mukanya miminalis aja yang penting flawless. Atau sebaliknya.
Saran saya, sebaiknya kalian punya Point of Interest atau POI di salah satu bagian. Kalo ketemu kasus dimana baju kalian biasa, make up biasa, aksesoris juga biasa, mungkin warna lipstiknya bisa di ganti ;)

Keempat, super fake eyebrow.
Nah ini, berhiaslah seperlunya. Ada yang sampe bela-belain alisya ditato supaya terlihat punya alis. Padahal yang alami lebih baik, kalau pun alisnya tipis seperti saya bisa menggunakan pensil alis. Yang perlu diingat ketika menggunakan pensil alis, ga perlu tebel-tebel dan gaperlu dibentuk sedemikian rupa. Cukup supaya bentuk alis kalian terlihat, bukan membuat alis kalian terlihat seperti ulat bulu yang ditempel ._.
Penggunaan pensil alis ini emang agak tricky, perlu waktu lama buat tau cara-cara mengisi kekosongan bagian di alis supaya terlihat rapih. Saya juga masih suka salah-salah, tapi seriusan di foto kalo saya gapake alis ini muka terlihat seperti gapunya alis. Keturunan dari ayah. Saya bisa apa selain pake pensil alis.hehehe
Percayalah kalo bentuk alis kalian yang sekarang itu baik untuk kalian. Kalo di aneh-anehin, yang ada nanti kalian sampe harus ukur alis segala macem. Jangan yah ladies, kecuali dapet ijin suami (ada juga yang bilang gaboleh biar dapet ijin suami).

Kelima, lipstik terlalu pucat.
Nude lipstick emang lagi ini, tapi lagi-lagi, ga semua warna cocok sama kita. Ga semua tren di ciptakan untuk kita ikuti. Lipstik nude cocok buat yang kulitnya cenderung putih dengan warna bibir yang cerah. Sebagian orang warna bibirnya pekat, entah merah pekat, entah warna-warna pekat lainnya. Menggunakan nude lipstick ketika ga cocok mengakibatkan kalian terlihat sakit, kucel, dan gasehat. Pilih lah warna yang sesuai sama muka kalian. Jangan malu buat coba di konter kosmetik. Bawa tisu sendiri malah kalo bisa.haha
Jadi kalo di tanya mba SPG nya jawab aja baik-baik, “engga ko mba saya mau liat-liat dulu aja, kalo ada yng cocok saya beli kalo engga ya ga jadi beli.” Jujur itu lebih baik, seenggaknya mbak nya gaperlu repot ngelayanin kita padahal kita gamau beli dan jangan lupa bilang terima kasih udahnya.

Ada yang lupa kalo make up itu cuma mempercantik bagian luar. Kadang, cuma cantik di foto malah. Cantik enggaknya diri kita tergantung hati. Jadi selain sibuk ngurusin make up muka, make up buat hati sama rohani juga ga boleh lupa yah ladies!

Selamat ber-hari minggu. Semoga bermanfaat :)
Oh iya, yang saya tau, warna netral itu selalu cocok sama mata siapapun dan jenis apapun. Buat yang awal-awal mau pake make up, mungkin bisa dimulai degan palet eyeshadow warna netral :)
Gimana-gimana? Ada yang punya pengalaman lain sama tips lain?

No comments :

Post a Comment