tab menu

Twitter  Twitter  Instagram Instagram

Tuesday, October 27, 2015

Blog Impianku " Terdepan dan Bermanfaat "







Assalamualaikum…..
Hai sahabat Blogger Moeslemates….
Sebelumnya, Saya ucapkan Selamat Hari Blogger Nasional untuk sahabat Bloggerku setanah air.
Nah! Berhubung tema kita tentang  Hari Blogger Nasional. Jadi kita akan membahas semua tentang Blog yu….

Pengertian Blog itu apa sih?
                Web Blog atau yang sering juga disebut BLOG adalah sebuah diary atau catatan-catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. bisa juga berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali dalam satu tempat.
Blog juga sama dengan situs-situs atau web yang sering Anda temui di internet. Materi dan konten merupakan kebebasan penuh dari sang pembuat blog. tentu saja sangat disarankan lebih ke arah membagi pengetahuan yang bermanfaat.



Fungsi Blog itu apa sih?
Dengan memiliki Blog, kita dapat melatih kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi atau hal-hal yang ingin kita sampaikan kepada orang lain dengan tanpa bermaksud menggurui atau sok tahu tentang apa yang kita ketahui kepada pembaca. Dengan memiliki Blog, kita dapat memperoleh banyak ide yang didapat dari berbagai sumber yang memberikan komentar atas tulisan yang kita terbitkan di

Blog yang kita buat dan akan menjadi pacuan semangat kita dalam menggali pola pikir yang kreatif dan positif tentang apa yang dapat kita lakukan dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Sudah banyak orang-orang yang meraih kesuksesan hanya dengan memiliki sebuah Blog, karena Blog bersifat terbuka bagi siapa saja sehingga dapat juga dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis mereka secara online diantara sela-sela karya tulisan yang mereka terbitkan dan disukai banyak orang yang mencari dan membacanya. Dengan Blog juga kita dapat memiliki banyak teman dari berbagai daerah dan negara yang terdapat kesamaan kaitannya dengan isi Blog yang kita buat.
Belakangan ini, fungsi sebuah Blog tidak hanya sebagai sarana membagi informasi dan kutipan yang sifatnya umum, namun lebih cenderung sebagai sarana promosi penjualan atas sebuah produk atau juga Program suatu Bisnis. Sah-sah saja, sangat disayangkan pula munculnya bermacam Blog yang mengedepankan konten kurang mendidik, ataupun konten-konten dewasa yang berpotensi memperburuk pola pikir daripada aspek mendidiknya.
Kecanggihan teknologi saat ini seharusnya mampu menjembatani keterbatasan pengetahuan bermanfaat antar sesama, jadi gunakanlah secara bijak apa yang bisa anda lakukan melalui media Blog.

Nah, Tujuan Blog untuk kita apa sih?
                Tujuan Blog untuk setiap individu berbeda-beda. Blogger membuat blog tergantung apa yang ingin mereka capai. Bisa untuk sekedar kesenangan atau bisa untuk menghasilkan pendapatan. Dan tujuan seorang blogger membuat blog, secara umum tujuan blogger dapat dikelompokan menjadi :
 


1.       Untuk media beriklan atau memperkenalkan sesuatu. 
Kadang seorang pengusaha, lembaga, atau organisasi  juga memanfaatkan blog untuk media beriklan seperti memperkenalkan produknya, membuat official site organisasinya,  dll. Mengingat juga ada penyedia blog gratis jadi menambah efisiensi biaya iklan.
2.       Untuk media mencari uang
Lain halnya dengan beriklan mencari uang yang dimaksud adalah dengan menjual sesuatu melalui blog atau mengikuti program seperti google adsense, dll.
3.       Untuk berbagi pengetahuan
Seorang blogger yang juga memiliki keahlian lain, misalnya komputer atau pertanian kadang membuat blog untuk mendokumentasi ilmunya, atau agar dapat dipelajari oleh orang lain.
4.        Untuk sebagai catatan harian (pengalaman) atau hobi
Seorang blogger juga sering memasukan pengalaman pribadi mereka untuk diposting di blog. Pengalaman yang dimasukan mengacu kepada pengalaman yang berbeda dan terbilang aneh atau ekstrim.
5.       Menyediakan suatu jasa atau informasi tertentu
Di sini blog dirancang untuk menyediakan suatu jasa atau informasi tertentu, misalnya memberikan informasi seputar dunia komputer, menyediakan data prestasi yang pernah diraih Indonesia, jasa download film gratis,dll.
Perlu diketahui seorang blogger akan senang jika tujuan yang mereka untuk membuat blog telah terpenuhi, namun ada beberapa hal lain yang juga membuat blogger senang, hal tersebut antara lain :
1.       Banyaknya pengunjung dan pagerank.
Dengan banyaknya pengunjung dan pagerank, seorang blogger menjadi lebih semangat  untuk mengurusi blog miliknya, hal tersebut dikarenakan seorang blogger memiliki kebanggaan dan kepuasan tersendiri dan tidak ingin mengecewakan pengunjungnya jika memiliki pengunjung yang banyak. Atau bagi pencari uang maka peluang mendapatkan uang lebih banyak akan semakin besar.
2.       Kritik dan Saran ( Komentar )
Komentar  juga dapat dibilang suatu bentuk kepedulian pengunjung terhadap blog yang dikunjungi, dan menjadi bukti bahwa pengunjung benar-benar mengikuti dan membaca suatu postingan blog. Seperti di Facebook, jika status kita banyak mendapat komentar maka kita lebih senang dan semangat untuk update status, sebaliknya jika status kita tidak pernah dikomentari tentu akan menjadi malas untuk membuka Facebook. Jadi, jika kita mengunjungi sebuah blog hendaklah meninggalkan komentar, baik itu  kritik, saran atau hanya sekedar ucapan terimakasih.
Nah,,, klo tujuan kamu yang mana sahabat Blogger Moeslemates :D ?
Kalo saya sih, membuat blog berdasarkan hobi dan pembelajaran saya menulis. Awalnya, saya tertarik membuat blog karena terinspirasi oleh Mas Asad ( Author buku Notes from Qatar dan 99 Hijab Stories). Saat saya menjadi pembawa acara bedah buku Mas Asad di FX Sudirman, banyak ilmu saya yang dapat tentang asiknya menulis. Mas Asad menyampaikan bahwa awal ia bisa menjadi penulis buku seperti saat ini dari Dia menulis di Blog pribadinya seperti curhatan sampai cerita dan pengalaman yang Dia dapatkan saat kuliah di Qatar. Dan akhirnya ia mencoba membuat buku Notes from Qatar.

Setelah itu, saya mulai mencoba membuat Blog pribadi saya di www.anitajamilhidayanti.blogspot.com dan menulis hal-hal tentang apa yang saya pikirkan, rasakan, dan kegemaram. Blog saya pun belum dikategorikan blog apa hehe karena Blog saya asih campuran. Tentang fashion, event, ulasan, renungan, puisi, novel, kegiatan saya, kuliner, dan kata-kata motivasi dari saya. Walaupun masih dalam tahap belajar, kini Blog saya baru memasuki 57.500 viewers, dan 13 followers yang mengikuti perkembangan Blog saya.

Ya… memang mendapatkan banyak viewers dan followers bukan tujuan utama saya tapi tidak kemungkinan semua Bloggers menginginkan demikian kan! ;) walaupun tujuan saya ingin belajar menulis semampu saya dan bias bermanfaat untuk sesame dari setiap artikel yang saya buat baik artikel itu dari ilmu yang saya dapat atau dari kutipan yang saya dapatkan dari sumber lain.

Mulai Menyukai nge-Blog
Setelah hamper 2 tahun ini saya nge-Blog, saya mulai memperbaiki header Blog saya dan design yang saya rubah sesuai mood saya hehe. Ketika ada beberapa komunitas Blogger yang saya temui di Indonesia, saya ikut bergabung dengan komunitas Blogger Indonesia khusunya yang mayoritasnya dari kaum Muslimah. Akhirnya, saya mulai tergabung dengan IHB (Indonesia Hijab Blogger) dan mulai bergabung dengan sahabat Blogger Moeslamstes ini hehe Moeslema.com.

Saya bergabung di Komunitas Blogger Muslimah ini seperti IHB dan Moeslema.com untuk menambah teman dan wawasan tentang ilmu nge-Blog. Pastinya!!! Saya bias sharing-sharing tentang perkembangan blog saya dan menggali ilmu bersama dengan teman-teman komunitas Blogger kan! J

Untuk itu,,,,kepada sahabat Bloggers Moeslemates kita saling berbagi ilmu dan saling sharing ya….
Lagian semakin banyak kita membagi ilmu semakin banyak pahala yang kita dapat dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat kan! Apalagi jika ditambah dengan silaturahmi sesame Muslimah di Indonesia untuk saling kenal kita bias menambah sodara dalam Ukhuwah Islamiyah J kata Rosul,” silaturahmi itu memperpanjang umur dan menambah rezeki. Itu benar sekali,” karena kita silaturahmi mungkin kita bias dapat kerjaan baru yang ditawarkan teman ataupun wawasan untuk masa depan kita kan! ;) jadi ga ada yang sia-sia yang dilakukan dalam bersilaturahmi untuk para Bloggers semua.

Semoga bermanfaat ya dear Bloggers Moeslemates…. Dan sekali lagi saya ucapkan “ Selamat Hari Blogger Nasional” untuk kita semua. Semoga kita bias menjadi Bloggers yang bermanfaat sukses dan sejahtera dunia akhirat aamiin J

Wassalamualaikum.





No comments :

Post a Comment