tab menu

Twitter  Twitter  Instagram Instagram

Tuesday, March 24, 2020

KUASA TUHAN MELALUI CORONA

Saat ini, dunia sedang digemparkan dengan virus Corona atau Coronavirus. Seperti yang kita tahu, tanggal 2 Maret 2020 lalu, Indonesia semakin diramaikan dengan pemberitaan virus corona karena sudah dua orang yang positif terinfeksi Coronavirus. Hal ini terjadi dikarenakan dua orang tersebut telah melakukan kontak langsung dengan warga Negara Jepang yang lebih dulu terkena virus corona saat berada di Indonesia.
Pemberitaan tersebut pastinya membuat masyarakat Indonesia merasa harus lebih waspada dalam menyikapi kasus virus corona ini. Apalagi, virus corona sudah menjadi masalah kesehatan secara global sejak akhir Desember 2019 lalu, hingga sekarang.
Memangnya, ada apa sih dengan coronavirus? Penyakit seperti apa sih yang dibawa pada virus corona? Sebelum membahas apa itu virus corona, kita cari tahu dulu yuk.

Apa Itu Virus Corona?

Apa sih virus corona atau coronavirus? Virus corona atau biasa disebut COVID-19 adalah virus yang dapat menyerang sistem pernapasan seseorang. Parahnya, selain dapat menyebabkan gangguan pernapasan, coronavirus juga bisa menyebabkan pneumonia akut bahkan kematian. Sudah banyak korban yang terserang virus corona, karena virus ini dapat menular dengan cepat dan sudah tersebar di banyak negara di dunia termasuk Indonesia salah satunya.virus corona and coronavirus



Dari mana sih asal muasal virus ini? Awal mulanya, virus ini muncul dari Negara China. Virus ini diduga muncul pertama kali di Pasar Huanan, Wuhan, China. Pasar tersebut banyak menjual daging hewan yang tidak sering kita jumpai bahkan asing untuk di makan, seperti daging buaya, anak serigala, ular, tikus, landak, dan kelelawar. Perdagangan hewan-hewan asing ini memunculkan virus yang dinamakan virus corona. Diketahui juga orang pertama yang jatuh sakit akibat virus ini juga diketahui merupakan para pedagang di pasar tersebut.
Jelas dikatakan, bahwa virus ini berasal dari hewan-hewan yang dijual di Pasar Huanan dan menyebar dari hewan ke manusia kemudian manusia ke manusia. Virus ini menjadi suatu masalah kesehatan yang ditakuti peduduk dunia karena sangat cepat menyebar dan membahayakan.
Corona juga mahluk Tuhan yang berukuran sangat kecil berukuran 400-500 mikrometer.
Sebuah studi menunjukkan bahwa virus corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati selama lebih dari seminggu. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, saat ini belum jelas apakah seseorang bisa mendapatkan COVID-19 dengan menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata. 
Pada dasarnya patogen manusia dapat bertahan di permukaan dan tetap menular pada suhu kamar hingga sembilan hari. Dengan kata lain, virus apapun dapat hidup di permukaan yang terkontaminasi hingga dua jam. Sementara itu, virus corona dapat bertahan antara empat dan lima hari di berbagai benda yang berbahan seperti alumunium, kayu, kertas, plastik, dan kaca. Berikut rincian berapa lama virus corona dapat bertahan hidup jika menempel di benda mati:
1. AluminiumVirus corona dapat bertahan di alumunium selama 2 hingga 8 jam sejak pertama kali bersentuhan dengan orang yang membawa virus tersebut. 
2. Sarung Tangan OperasiSarung tangan yang banyak digunakan oleh tenaga ahli kesehatan ini dapat disinggahi oleh virus corona selama tenggang waktu 8 jam. 
3. BesiBesi menjadi salah satu materi yang paling sering disekitar kita, seperti gagang pintu, pagar, dan sebagainya. Virus corona dapat bersemayam selama 4-8 jam.
4. KayuBerbeda dengan besi, aluminium, dan sarung tangan, kayu dapat menjadi tempat virus corona dengan rentang waktu yang lebih lama yaitu berkisar empat hari sejak tersentuh.
5. KacaSama seperti kayu, kaca juga menjadi materi atau wadah tempat virus corona menempel selama empat hari.
6. KertasVirus ini dapat bertahan hidup di kertas selama kurun waktu 4-5 hari sejak disentuh oleh orang yang membawa virus tersebut. 
7. PlastikPlastik bukan hanya sulit diurai, ternyata plastik juga dapat menjadi tempat singgah virus corona. Hal ini dapat dihitung saat pertama kali disentuh, virus corona dapat bertahan selama 5 hari. Usia virus corona yang menempel di benda mati juga tergantung pada suhu. Suhu rendah dan kelembaban udara tinggi akan semakin meningkatkan atau memperlama umur mereka. 
CORONA MENGGEMPARKAN DUNIA

Mahluk Tuhan yang berukuran sangat kecil ini bisa menggemparkan dunia. Mengapa? karena corona membuat seluruh manusia di Bumi terombang ambing, karena takut dengan wabah corona. virus yang cepat menular dari manusia ke manusia, melalui sentuhan, bersin, dan udara yang mengakibatkan sipenderita cepat menularkan virus ini kepada yang lain. Dan virus ini belum ditemukan vaksinnya dan obatnya. virus corona memakan banyak korban bahkan sampai dengan kematian. Corona membuat semua orang resah, takut dengan dirinya, pemerintah dari berbagai negara pun me-Lockdown negaranya agar dapat memutus penularannya. akibatnya, perekonomian negarapun terjadi inflasi, dan bisa mengakibatkan KRISIS.


SEMUA KUASA TUHAN

Kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar agar terhidar dari virus corona ini, dengan berbagai cara:

1. Social Distancing 
     Untuk tetap menjaga jarak dengan siapapun. Dan ketentuan pemerintah berjarak 1 meter.

2. Pola Hidup Sehat
    Jaga makanan kita yang sehat dan bergizi dan memberi tambahan asupan suplemen daya 
    tahan tubuh berupa vitamin C, B Kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Minum air putih 
    hangat dan berolahraga.

3. Di Rumah Aja
    Hal ini diterapkan untuk setiap orang terkecuali tim medis, media dan yang berhubungan 
    jasa untuk kepentingan bersama.

4. Menggunakan Masker & Hand Sanitizer
    Menggunakan masker dan handsanitizer juga sangat diperlukan untuk kita saat berpergian
    atau keluar rumah, jika terpaksa untuk keluar rumah.

5.  Selalu Mencuci Tangan Pakai Sabun
     Dari manapun kita dan setelah pegang benda dibiasakan untuk cuci tangan pakai sabun.


Dan 5 hal tersebut sebagai langkah ikhtiar kita untuk terhindar dari virus Covid 19 (Corona). Setelah itu kita hanya bisa berdoa bermunajat kepada Tuhan YME agar kita terhindar dari virus Covid 19 ini, karena semua atas KuasaNya dan KehendakNya. kita hanya sebagai MahlukNya juga tak bisa melawan takdir ini. Wabah ini atas kuasaNya. Mungkin, Dunia pun sudah lelah dengan kesombongan dan tingkah manusia yang seenaknya. dan Tuhan hanyalah mengirim mahluk kecil ini. semoga Corona ini cepat berlalu.






No comments :

Post a Comment