tab menu

Twitter  Twitter  Instagram Instagram

Friday, April 19, 2013

Jenis-jenis berita



TENTANG JENIS-JENIS BERITA


Jenis-jenis Berita

            Setiap kejadian yang melingkupi kehidupan manusia dapat menjadi berita sesuai dengan kepentingannya. Masing-masing jenis berita memiliki pasar tersendiri. Aktifitas di Bursa Efak mislanya, memiliki pasar kaum bisnis dan pengambil kebijakan di bidang ekonomi dan keuangan. Sementara soal cuaca sangat dibutuhkan oleh kaum petani atau mereka yang sedang dalam perjalanan. Tetapi dari sekian banyak peristiwa, ada jenis-jenis berita yang sifatnya umum dan menjadi kebutuhan semua orang. Berikut ini adalah sejumlah jenis berita yang selama ini menjadi perhatian  banyak orang. 

Bencana dan tragedi


Tanah longsor, banjir, gunung meletus, kecelakaan pesawat terbang, kecelakaan kereta api, adalah contoh-contoh berita yang menyangkut tragedi kemanusiaan. Termasuk di dalamnya adalah pembersihan etnis atau suku oleh satu kelompok masyarakat atau negara.


Konflik


Termasuk jenis berita konflik adalah pertentangan antar kelompok masyarakat, perang, tawuran, revolusi, kudeta dan lain-lain. Berita tentang konflik juga bisa masuk dalam kategori politik, maupun sosial dan budaya tegantung dari mana sudut pandangnya. Tetapi intinya, berita konflik adalah berita yang mengandung pertentangan baik secara fisik maupun non fisik.

Hukum dan kriminal


            Peristiwa persidangan di pengadilan, pemeriksaan para tersangka di kepolisian maupun di kejaksaan, adalah bagian dari berita hukum yang layak diberitakan. Demikian juga  kasus-kasus kriminal mulai dari kriminal jalanan seperti penjambretan, pencurian, pemerasan, tawuran hingga bentrokan massal, sampai kriminal kaum “gedongan” yang juga biasa disebut kejahatan kerah putih seperti korupsi, penyelundupan, manipulasi pajak, kejahatan perbankan dan sebagainya. Berita-berita semacam ini biasanya banyak peminatnya karena menyangkut rasa aman yang dibutuhkan semua orang.

Politik  Lokal dan Nasional


Peristiwa politik lokal misalanya pemilihan walikota, bupati, atau gubernur di daerah tertentu. Di dalamnya yang menarik bisa jadi soal politik uang, kampanye para kandidat dan reaksi para pendukungnya. Keputusan politik lokal juga menjadi penting diketahui masyarakat setempat misalanya soal rancangan peraturan daerah yang menyangku hajat hidup masyarakat banyak, seperti rencana pembangunan jalan tembus yang mengharuskan pembebasan tanah. Jangan lupa apa kata masyarakat yang akan terkena pembebasan tanah tersebut. Pembangunan rumah susun, relokasi korban bencana alam, penanganan banjir, semua menarik untuk diberitakan dan menjadi kebutuhan masyarakat karena menyangkut kehidupan mereka. Berita-berita politik lokal ini biasanya digolongkan sebagai berita metropolitan, karena menyangkut kepentingan masyarakat kota.
Sedangkan untuk berita politik lokal di daerah, biasanya digolongkan sebagai berita daerah karena pemberitaan itu berasal dari pemerintah daerah dan dalam konteks masyarakat setempat. Ada pula berita daerah ataupolitik lokal yang enjadi isyu nasional, ini karena sifatnya memang telah menembus batas-batas wilayah. Contoh untuk kategori ini adalah pemilihan bupati atau gubernur, yang terpaksa harrus melibatkan pemerintah pusat yang dalam hal ini Menteri Dalam Negeri untuk turun tangan.

Berita politik nasional adalah berita yang memang sifatnya nasional, sebuah keputusan pemerintah pusat. Misalanya keputusan sidang kabinet mengenai terorisme, soal penanganan krisis pangan, kebijakan soal tenaga kerja migran. Juga soal berbagai peraturan dan undang-undang yang mengikat masyarakat secara keseluruhan. Misalnya soal pemilu, pemilihan presiden,  penyiaran, dan semua hal yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.

Ekonomi, perdagangan, industri dan keuangan


Berita ekonomi adalah berita-berita yang berkaitan dengan aspek ekonomi, seperti kebutuhan beras secara nasional dan berbagai komoditas yang memenuhi hajat hidup orang banyak. Pembagian beras untuk rakyat miskin, sampai harga sayur mayur termasuk dalam kategori ini. Semua ini adalah berita ekonomi yang sifatnya makro, yang sangat dibutuhkan oleh lebih banyak orang, ketimbang berita mikro ekonomi seperi harga saham, likuidasi bank, CAR sebuah bank, dan sebagainya. Berita ekonomi mikro tetap penting, meski pemirsanya juga terbatas. Ini bukan berarti berita mikro ekonomi tidak berdampak luas terhadap seluruh masyarakat. Soal bank-bank yang ambruk dan mengharuskan pemerintah menalangi likuiditas bank (kasus BLBI= Bantuan Likuiditas Bank Indonesia), jelas berdampak luas di saat masyarakat perlu bantuan pangan, sementara dana BLBI dikuras oleh konglomerat hitam. Ini soal keadilan juga sehingga menarik perhatian publik. Demikian juga soal divestasi BUMN semisal Indosat, berita ini berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat.
Nasib industri kecil dan akses ke perbankan, kredit macet, pemasaran dan penjualan produk, adalah bagian dari masalah yang selama ini dihadapi pengusaha kecil dan menengah. Biasanya industri kecil penting juga diberitakan karena lebih banyak menyerap tenaga kerja dan susah bersaing dengan pengusaha besar. Peluang-peluang usaha, kegiatan ekspor impor juga bagian penting yang tak boleh dilewatkan.

Pendidikan


Setiap kali ada ujian masuk perguruan tinggi, atau masuk sekolah, selalu menjadi perhatian ibu-ibu rumah tangga. Informasi biaya, jenis sekolah, mutu dan nasib guru, pemogokan guru, pemogokan anak sekolah, adalah beberapa di antara jenis berita pendidikan yang selalu mewarnai kehidupan kita. Temuan dari dunia pendidikan, misalnya hasil penelitian biasanya menarik untuk diketahui.

Trend


Kecenderungan atau trend dari pola hidup masyarakat sifatnya luas. Bisa menyangkut kecenderungan di bidang mode maupun busana, tetapi juga perilaku manusia. Misalnya menyangkut kejahatan, agresifitas. Ketika musim paceklik datang, biasanya banyak pengemis datang ke kota untuk meminta sedekah. Demikian juga ketika datang bulan ramadhan, banyak pengemis mendulang zakat. Di perkotaan, trend kejahatan bisa dimonitor di kepolisian. Angka-angka kejahatan menjadi informasi yang menarik dan bisa digambarkan melalui grafik.

Festival/ Hari Besar


Perayaan keagamaan seperti idul fitri, idul adha, natal dan tahun baru serta berbagai atraksi kesenian dalam sebuah festival, biasanya sangat menarik bukan saja materinya yang perlu diketahui tetapi juga karena gambarnya yang bagus ditonton. Untuk peristiwa-peristiwa pentas seni tertentu banyak dibuat liputan feature menarik karena menyangkut kekayaan budaya.

Cuaca


Seperti telah disinggung di muka, informasi musim hujan, kemarau, mendung, badai, dan prakiraan banjir, serta suhu udara sangat penting bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang akan bepergian. Juga para petani untuk menentukan musim tanam, dan memperkirakan tanaman apa yang cocok. Karena pentingnya banyak stasiun televisi setiap hari menyiarkan perkembangan prakiraan cuaca dan suhu udara.

Kesehatan


Kesehatan adalah milik semua dan kebutuhan manusia. Karena itu perkembangan berbagai penyakit, timbulnya penyakit dan bagiomana cara-cara mengobatinya menjadi informasi yang ditunggu-tunggu masyarakat. Penemuan obat dan pengobatan alternatif yang saat ini menjamur juga penting sebagai bagian dari informasi kesehatan yang ditunggu-tunggu. Demikian juga soal wabah penyakit di satu daerah, akan menjadi informasi sangat penting bagi masyarkat. Berita kesehatan akan lebih bagus jika dapat memberikan jalan keluar bagia masyarakat untuk dapat mengobati penyakit dan mencegahnya sedini mungkin, mislanya dengan tips kesehatan.

Lingkungan


Masalah lingkungan menjadi perhatian manusia karena berdampak terhadap kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Seperti masalah kebersihan kota, sampah, penggndulan hutan, konservsi sumber alam, pertambangan, limbah industri, binatang langka dan sebagainya. Rusaknya lingkungan akan mengganggu ekosistem. Termasuk dalam berita jenis ini adalah langkah-langkah masyarakat untuk mencegahnya sampai menempuh jalur hukum untuk menuntut industri pencemar maupun kebijakan pemerintah yang dinilai mengabaikan lingkungan sehingga menimbulkan bencana alam.

Olah raga


Acara-acara olah raga adalah peristiwa yang banyak penggemarnya, apalagi jika sudah menyangkut klub fanatis mereka bertanding. Acara olah raga selalu menampilkan pertentangan, dan ketegangan, dan ini yang menarik. Olah raga tradisional yang akan punah serta bagaimana melestarikannya juga menarik diberitakan. Termasuk perkembangan jenis olah raga itu sendiri.

Pariwisata


Keindahan alam, keunikan, dan keragaman, adalah informasi yang menarik karena informasi ini menyangkut kebutuhan hidup manusia. Ketika pemerintah menggalakkan sektor pariwisata sebagai salah satu andalan penghasil devisa, sebaiknya berita pariwisata tidak hanya menamilkan keindahan dan keunikannya dari sisi budaya maupun alamnya tetapi juga petunjuk jalan agar pemirsa dapat berkunjuk ke tempat tersebut. Para produser biasanya menempatkan beirta pariwisata sebagai penutup dari rangkaian program berita sehingga pemisa puas dan mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. Pemirsa tidak perlu disodori dengan berita-berita kekerasan yang cenderung mengerutkan dahi, waswas, dan ketakutan-ketakutan. Akhirilah program berita dengan senyum.


4. Sumber berita
Seorang jurnalis bukanlah mereka yang hanya menunggu peristiwa terjadi lalu meliputnya ke lapangan. Mereka haruslah ke lapangan karena di sanalah peristiwa terjadi dan kita liput untuk dibuat beritanya. Ada banyak lembaga pemberitaan lebih cepat menyiarkan kejadian, ada pula yang terlambat memberitakannya. Ini semua karena tidak semua jurnalis memiliki akses yang luas terhadap sumber berita.
Ada stasiun televisi yang mendapatkan gambar eksklusif, sehingga menggoncangkan dunia pemberitaan. Sementara stasiun televisi lain tidak mendapatkannya. Kalaupun mendapatkan berita maupun gambarnya, semua sudah terlambat, sudah didauhului orang lain sehingga berita kita tidak ditonton lagi, kecuali ada yang baru dan lain dari yang lain.
Contoh adalah penggereban markas Dr Azhari di Batu Jawa Timur pada bulan Desember 2005. Hanya antv yang dapat detik-detik penyerbuan ke markas Azhari sampai dapat gambar jenazah Azhari. Juga penyerbuan markas kaki tangan Nurdin Top di Wonosobo, hanya antv yang mendapat gambar eksklusif. Ini karena ada Karni Ilyas yang memang dikenal dekat dengan polisi. Juga ketika semua orang sedang menunggu apa pernyataan Sharmila (istri yahya Zaini) dalam kasus mesum Yahya dengan penyanyi dangdut Maria Eva, hanya Ilham Bintang dari Cek & Ricek yang mendapatkannya, meskipun kemudian karena hubungan baik akhirnya hanya antv yang menayangkan pernyataan Sharmila pertama kali.   Ini hanya sekadar contoh betapa sumber berita menjadi penting dikuasai, agar kita mendapat berita yang pertama kali.
Dilihat dari sumbernya, berita  dapat dikelompokkan dalam dua sumber besar asal suatu berita. Pertama adalah peristiwa yang datang secara tiba-tiba seperti gempa bumi, kecelakaan, banjir, dan semacamnya. Peristiwa semacam ini tidak dapat dirancang sebelumnya, tapi dapat dirancang untuk pengembangan atau follow up beritanya.

            Yang kedua adalah peristiwa yang dapat dirancang lebih dahulu, biasanya berita ini berasal dari event (misalnya hari-hari besar, jadwal sidang DPR, agenda bulanan pemerintah, kongres sebuah organisasi, undangan dari berbagai lembaga, dan sebagainya). Termasuk dalam bagian ini adalah agenda-agenda yang berasal dari undangan jumpa pers, fenomena, dan follow up sebuah peristiwa. Berita yang sumbernya dari agenda ini dapat kita rancang dari awal sekalian menentukan angle beritanya dan gambar-gambar yang harus ada untuk mendukung berita tersebut.
            Contoh yang paling baru adalah rencana kunjungan Presiden Amerika George Walker Bush pada 20 November 2006 ke Bogor. Kunjungan ini dapat dirancang menjadi program khusus, sekalian berbagai topik liputan yang menyertainya. Mulai dari pengamanan, agenda pembicaraan antara Presiden Bush dengan residen SBY, jalan-jalan yang diblokir, bagiamana tentara dan polisi mengamankan, profil istana Bogor, nasib teratai raksasa yang harus dipindahkan karena tergusur pembuatan helipad untuk Bush, nasib pedagang yang terpaksa harus tidak jualan karena jalan mereka diblokir, juga nasib sekolah yang terpaksa harus libir karea jalan menuju sekolah diblokir, unjuk rasa menolak dan menyambut kehadiran Bush, dan sebagainya. Ini adalah sebagian dari sejumlah topik liputan yang tentu saja dapat dikembangkan lebih banyak dan rinci sekalian angel liputannya, gambar yang dibutuhkan serta siapa-siapa yang diwawancarai untuk kelengkapan paket berita.

            Secara rinci sumber-sumber berita dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.  Pelayanan darurat

Pada umumnya peristiwa yang mengandung nilai kemanusiaan bersumber dari pelayanan darurat, karena merekalah yang paling dekat. Karena itu jurnalis selalu menjadikannya sumber pertama untuk memantau perkembangan peristiwa sepanjang hari dan malam.
Pelayanan darurat yang dimaksud adalah seperti
1     kantor polisi
2     unit gawat darurat rumah sakit,
3     kamar mayat,
4     posko banjir,
5     posko pemadan kebakaran,
6     tim SAR
7     kantor Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG),
8     dan sebagainya.
Jurnalis harus rajin menjalin kontak dengan mereka sehinga jika terjadi sesuatu jurnalislah yang mendapat informasi pertama. Hubungan baik dengan harus tetap dipelihara sehingga informasi tak akan terputus. Contoh seorang jurnalis yang biasa meliput peristiwa kriminal selalu mendapat informasi pertama mengenai korban pembunuhan, ternyata ia mendapatkan  informasi ini dari sumber mereka yaitu palang hitam (sebutan wartawan untuk ambulan). Di Pemda DKI Jakarta, palang hitam bertugas mengangkut jenazah berbagai peristiwa, baik kriminal, bunuh diri atau karena kecelakaan. Jika jurnalis mendapat informasi pertama dari palang hitam, sudah dapat dipastikan bahwa jurnalis akan mendapat gambar TKP (Tempat Kejadian Perkara) saat jenazah korban pembunuhan tergeletak di satu tempat. Bagi jurnalis televisi, gambar TKP sangat penting untuk mendukung berita. Bahka ketika korban dibawa ke kamar jenazah mislanya, jurnalis televisi dapat merekam gambar apa yang terjadi di ruang jenazah ketika keluarganya datang menjenguk korban.

2. Jaringan

          Jaringan di sini bisa berasal dari hubungan perkawanan, kolega, kerabat dan nara sumber penting lainnya seperti kalangan pejabat, pengamat dan politisi. Seorang jurnalis yang benar biasanya menyimpan semua nomor telepon mereka dalam buku kumpulan nomor telpon. Dengan perkembangan teknologi, saat ini nomor-nomor mereka dapat dimasukkan dalam hand phone termasuk tanggal ulang tahun dan alamat rumahnya.
          Terhadap para nara sumber dan kolega, jurnalis juga harus rajin silaturrahmi dengan mereka meski bukan dalam rangka mencari berita ataupun konfirmasi berita. Tujuannya adalah menanamkan kepercayaan kepada mereka bahwa jurnalis tidak hanya bertemu dengan mereka kalau sedang membutuhkan. Karena itu penting jika jurnalis mendatangi seorang nara sumber ketika baru saja naik jabatan, misalnya, sekadar mengucapkan selamat. Atau memberi ucapan selamat jika ulang tahun, atau datang ke perkawinan anak mereka, dan sebagainya.
          Ini adalah bagian dari membangun lobi dan membangun jaringan.  Jurnalis yang dekat dengan nara sumber semacam ini akan lebih mudah menghubungi mereka, ataua bahkan sang jurnalis ini adalah orang yang pertama kali yang diberitahu kalau mereka memiliki informasi penting. Namun perlu ditegaskan hubungan perkawanan ini tidak mengurangi sikap independensi sang jurnalis.

3. Media

Media lain seperti internet, radio,  koran dan TV lain.  Media ini kalanya menjadi sumber informasi liputan yang perlu juga kita cermati  dan kita tindaklanjuti. Contoh sebuah radio memberitakan ada kecelakaan kereta di Lubuk Linggau Sumatera Selatan. Maka kita tugaskan reporter dan kamerawan mengejar liputan ini.
Adakalanya media ini juga menjadi inspirasi liputan yang kemudian dikembangkan sesuai dengan format televisi. Contoh berita seorang menteri akan  mengembangkan jarak pagar yang minyaknya menjadi campuran solar. Gagasan ini dapat divisualisasikan misalnya dengan membuat paket khusus tentang pembuatan minyak jarak, dan paket berita pembudidayaan jarak pagar. Bahkan jika ada mobil yang sudah menggunakan bahan bakar campuran minyak jarak, maka ini dapat diperagakan dan dapat menjadi berita tersendiri. Informasi awal soal jarak pagar dapat pula diakses melalui web.
Melalui media lain seperti televisi asing, kita sering mendapat informasi penting yang dapat dikembangkan untuk siaran televisi kita. Misalnya televisi Al-Jazira menyiarkan tragedi Mina di Arab Saudi. Jurnalis di Indonesia akan mengecek kepada pusat informasi haji di Jeddah dan menanyakan apakah ada jamaah haji dari Indonesia yang menjadi korban. Kalau ada, siapa namanya dan dimana alamatanya. Informasi ini terus meluas dikembangkan. Adakalanya stasiun televisi melakukan siaran live by phone dengan petugas haji di Arab Saudi. Selanjutnya kita datangi rumah keluarga korban untuk mengetahui apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka perlukan untuk kepastian informasi ini.
Informasi dari radio juga tak kalah menariknya. Untuk radio yang menyiarkan berita dan informasi 24 jam menjadi acuan penting bagi para jurnalis di stasiun televisi. Dari radio ini informasi dari berbagai penjuru daerah akan dapat kita dengar. Contoh satu kali, terdengar radio Elshinta menerima laporan dari pemirsa tentang bencana tanah longsor di Banjarnegara sekitar pukul 06.30 WIB. Informasi masih simpang siur. Sang reporter atau kordinator liputan tentu akan mengontak jaringan yang mereka punyai, yaitu polisi atau badan SAR di daerah. Setelah ada kepastian, bahkan ada informasi korban tewas mencapai belasan orang karena tertimbun longsoran tebing, maka diberagkatkanlah kontributor terdekat untuk meliputnya dan segera mengirim gambar melalui cara yang tercepat (bisa melalui internet atau feeding gambar dari Telkom di Yogyakarta). Maka jam 13.00 gambar sudah dapat ditayangkan di program berita  Selanjutnya redaksi memutuskan mengirim perngkat pengiriman gambar via satelit untuk siaran langsung. Perangkat ini biasa disebut dengan SNG (Sattelite News Gathering).

4. Catatan harian

Yang dimaksud catan harian adalah catatan seorang reporter atau redaksi pemberitaan mengenai kejadian-kejadian atau agenda harian. Catatan ini biasanya memuat hari atau tanggal dan jam serta agenda apa saja yang terjadi pada hari itu. Mungkin ada agenda sidang DPR, sidang korupsi, informasi alamat nara sumber yang akan membongkar satu kasus, agenda jumpa pers mengenai skandal korupsi, dan sebagainya. Kumpulan agenda ini akan dibicarakan dalam rapat redaksi dan ditentukan mana yang akan menjadi prioritas untuk diliput.

5. Kantor Berita

Kita dapat berlangganan berita dari kantor berita seperti ANTARA atau kantor berita asing seperti BBC, APTV, Reuters dan lain-lain. Bagi stasiun televisi yang tidak dapat menjangkau ke daerah, ANTARA adalah salah satu alternatif yang dapat dipakai, karena mereka memiliki jurnalis yang tersebar di berbagai daerah (meskipun untuk televisinya belum sebagus informasi berita cetak maupn online-nya). Demikian juga berita-berita dari luar negeri kita dapat belangganan dengan kantor berita luar negeri yang memiliki akses lebih baik, dan sesuai dengan keperluan redaksi pemeberitaan.

6. Siaran pers

Siaran pers atau press release selalu datang ke kantor redaksi media massa setiap hari. Siaran pers datang dari berbagai lembaga, baik lembaga negara, pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi, pengurus partai politik maupun dari sejumlah peruahaan. Isinya tentu lebih banyak sebuah promosi atau kampanye mengenai kebaikan-kebaikan  atau sikap baik yang ingin mereka tunjukkan dalam rangka pencitraan. Karena itu terhadap siaran pers, redaktur atau kordinator liputan di redaksi pemberitaan akan sangat selektif.
Sejauh tidak ada manfaatnya buat publik, sebaiknya siaran pers tidak dimuat. Tetapi yang menyangkut data-data, ada baiknya disimpan sehingga dapat memperkaya untuk pemberitaan berikutnya jika ada relevansinya. Tetapi ada juga siaran pers yang berisi penemuan, misalnya ditemukan vaksin  anti flu burung. Informasi ini akan sangat berguna bagi masyarakat sehingga sangat baik untuk ditindaklanjuti menjadi sebuah liputan. Reporter dapat menjadikanya sebagai bahan liputan yang akan dikonfirmasi dengan yang bersangkutan dan pihak lain yang relevan. Kebutuhan visual untuk mendukung berita ini dapat diwakili dengan aktivitas laboratorium yang menguji vaksin.

7. Jumpa pers

Seperti halnya siaran pers, jumpa pers adalah sumber berita yang dapat diliput atau sebaliknya, tidak diliput trgantung pada kepentingannya. Jika tidak ada relevansinya dengan kebutuhan berita yang hendak disiarkan, maka tidak usah diliput. Karena itu undangan jumpa pers haruslah slektif. Adakalanya jumpa pers memang sangat ditunggu-tunggu. Misalnya jumpa pers tentang sikap pemerintah terhadap kelangkaan beras saat ini, atau keterangan pihak KNKT (Komite Nasional Keselamatan Penerbangan) mengenai penyebab jatuhnya pesawat. Juga soal pernyataan Yahya Zaini atau istrinya mengenai video porno Yahya dengan Maria Eva. Masyarakat sangat menunggu pernyataan atau konfirmasi dari keduanya karena selama beberapa hari informasi hanya datang dari  Maria Eva yang tidak dapat dikonfirmasi oleh Yahya maupun isterinya, Sharmila.
Jadi, terserah pada reporter atau redaksi pemberitaan mana-mana jumpa pers yang memang layak diliput sesuai dengan keperluannya. Sebab, biasanya jumpa pers berisi PR (public relation) atau pesan yang menguntungkan pihak jumpa pers. Tetapi bila kita dapat melokalisir, maka jumpa pers dapat kta manfaatkan untuk konfirmasi berbagai hal jika dalam jumpa pers itu ada pejabat yang kita butuhkan pernyataannya.

8. Sumber lain

Sumber lain yang dapat kita manfaatkan adalah arsip, web, dan jurnalis paruh waktu atau freelance.  Catatan kecil dalam arsip atau guntingan Koran adakalanya menjadi sumber penting yang dapat kita tindaklanjuti. Juga keberadaan wartawan freelance. Ada banyak kasus ketika banjir informasi dan kita tidak mampu menjangkaunya, maka keberadaan jurnalis paruh waktu sangat dibutuhkan. Mungkin mereka akan menjadi orang yang sangat penting karena dapat meliput peristiwa besar yang kita tidak dapat menjangkaunya. Jika mereka mendapat gambar eksklusif, redaksi akan mau membayarnya dengan harga sangat tinggi. (END)




No comments :

Post a Comment